Titipan yang Indah “Hidup”


Picture created by Gvs Hendra

Pernahkah kita bersyukur atas segala yang tuhan titipkan untuk kita? Ingatkah kita kepada sesama ketika kita berbagi? pertanyaan inilah yang mengikuti perjalanan saya ketika mengikuti serangkaian acara Dharma Yatra KMHB STAN 2010 di Klaten, Jawa Tengah. Sebuah perjalanan hidup memang selalu mengajarkan kedewasaan bagi kita, tak terkecuali bagi diri saya sendiri. Ada hal yang menarik ketika saya mengikuti acara dharma yatra itu, ketika kami dan rombongan disambut oleh warga sekitar dengan suka cita, tua muda semua terlibat dalam penyambutan itu. Dari lubuk hati yang terdalam, saya malu kepada diri sendiri. Siapa saya? siapa kami? mengapa mereka memperlakukan kami beserta rombongan layaknya saudara jauh yang telah bertahun-tahun tidak bertemu dan sejenak ingin melepas kerinduan yang mendalam.

Sebaagian umat hindu di lingkungan Pura Pucang Sari, Klaten merupakan usia lanjut, namun usia bukan merupakan halangan bagi mereka untuk sekedar berbagi cerita kepada kami tentang kehidupan mereka di Klaten. Saya mengagumi bagaimana cara mereka bertahan dan mengembangkan Hindu hingga saat ini, hanya bermodalkan semangat dan bhakti, mereka mampu melestarikan budaya nenek moyang, filsafat hidup yang tak ternilai harganya. Ketika menginjak acara dialog dan ramah tamah, mereka mengatakan bahwa hidup mereka mungkin hanya tinggal sejengkal, tapi sejarah leluhur harus kita lestarikan. Dalam hati, kami yang muda merasa bangga bahwa tetua kami memberi tauladan kepada kami.

Inilah pertama kalinya saya merasakan semangat “ngayah” itu ada. Yang terpenting dalam hidup bukan  seberapa uang yang telah kita miliki, seberapa ilmu yang telah kita pelajari, seberapa tulus doa yang kita ucapkan, tetapi seberapa banyak kita bisa berbagi hal-hal itu kepada sesama. Sungguh indah sekali titipan ini, terima kasih sudah mengantarkannya kepada saya, semoga dilain waktu di masa datang saya bisa memberikan titipan ini kembali dengan senyum seperti saat ini.

Prasasta Adi Putra,2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s