Kemenangan Ibu dan Kenangan Kami

2c Penilai/PBB STAN

5 Agustus 2010, Mengawali pagi dengan sebuah langkah baru. Ketika saya berkata “welcome sunshine” banyak harapan dan doa untuk hari ini. Selayaknya seorang mahasiswa, kuliah pagi adalah jadwal teratur, setelah kuliah selesai, ternyata para kru 2C Penilai/PBB sudah menyiapkan sebuah acar khusus bagi kita semua. Mereka membawa banyak gelas plastik berukuran besar yang ditempeli nama masing-masing dari kita dan setumbuk kertas warna-warni. Sangat unik memang, jadi setiap orang akan menyampaikan sepatah dua patah kata, lalu yang lainnya akan menuliskan pesan kesan selama setahun bersama di kelas 2C penilai/PBB tercinta. Banyak tawa dan canda, sepertinya kesenangan terlewatkan begitu saja.  Setelah itu seluruh komen pesan dan kesan tersebut dimasukkan kedalam gelas plastik yang sudah bertuliskan nama kita. Bagi saya saat itu hanyalah sekedar untuk melepas kesenangan bersama kawan-kawan.

Setelah usai kami pulang. Gelas plastik yang berisi kertas warna-warni itu saya taruh begitu saja di atas meja, tidak ada yang spesial. Saya beristirahat dan bersiap untuk bertanding final liga Penilai 2010, kebetulan kelas kami masuk final melawan kelas IB. Jam menunjukan pukul 15.30 saya bergegas. Pertandingan dimulai pukul 16.00. Jalanya pertandingan cukup alot, banyak peluang dan kesempatan bagi kedua tim. Memang saya akui laskar biru (2c penilai/pbb kostumnya biru) bermain sangat bagus hari ini. Kami menjuarai liga penilai 2-0 tanpa balas. Bagi saya kemangan hari ini bukan hadiah tetapi hasil usaha dan dukungan seluruh keluarga besar 2C Penilai PBB. Entah apa yang salah hari ini sepertinya euforia kemenangan ini terasa biasa saja.

Seusai pertandingan, dengan langkah panjang saya kembali ke rumah dan ternyata ibu menelpon. Ibu menangis ketika menelpon, entah apa yang terjadi. Saya hanya berusaha menenangkannya. Tidak pernah ibu seperti ini sebelumnya. Ternyata beliau sedang sakit, suaranya parau. Saya hanya terdiam lalu mencoba mengalihkan topik pembicaraan agar beliau tenang, lalu pembicaraan kami berakhir. Seandainya Jakarta-Tabanan dekat mungkin saya sudah disamping beliau saat ini.  Sejenak ditengah gerimis hujan saya hanya duduk, kemenangan kami tadi seolah terhapus oleh telpon ibu tadi. Saya memandang luas seluruh ruangan kamar, dan pandangan tertuju pada gelas plastik tadi siang. Saya mengambil dan membaca segalanya.

“Nice Work Gan, penempatan Bali, tetep rajin bro lo ga ada kekurangan, gud luck bro, rajin, suka bergaul ga pandang bulu, perfeksionis, ga nyangka doyan bola haha, thanks atas tumpanganya, klo bikin tugas tebel banget, tetep semangat, kembalikan martabat pbb dengan ip bagus, rajin belajar, ayo maen bareng2 aja, baik dan tidak sombong, sopan, tetap didepan menggandeng para free rider, semoga ilmu yang kita dapetin berguna, bagus ketika jadi ketua kelompok, dewasa, daya pimpin tinggi, pinter ngomong, cool, moga sukses pekerja keras, mantap, never ending your fight guys, gay (gw tau siapa yg nulis, haha), pulang jangan jadi cowboy (ngakak bacanya), punya cita-cita tinggi, calon orang sukses, sampai ketemu di wisuda” Inilah beberapa komen dari mereka. Saya terharu saat membacanya satu-persatu, meskipun banyak pujian, canda, kritik,saran, semangat, yang bisa saya ucapkan adalah maaf dan terimakasih. Dalam hati saya berjanji akan kembali membaca komen ini 3-5 tahun mendatang.

Tuhan mengajarkan saya banyak hal hari ini. Ada tangis, tawa, senyum, harapan, semangat, dan syukur. Kemangan hari ini saya dedikasikan untuk ibu, semoga cepat sembuh, I love you. Keluarga besar 2C Penilai PBB, tetap jaga kekompakan kita. Semoga menjadi kenangan kita yang terindah ketika nanti kita sudah terpisah oleh penempatan dan kelulusani, sampai ketemu di Wisuda 2011.

2 thoughts on “Kemenangan Ibu dan Kenangan Kami

Leave a Reply

