Menghadapi kekalahan

Tiga orang anak sedang bermain lomba adu cepat mobil-mobilan. Sebelum lomba dimulai, salah seorang anak tampak berdoa dengan khusyuk, Setelah lomba berakhir, ternyata  anak yang berdoa tersebut memenangkan pertandingan. Seorang temannya bertanya, “Tadi sebelum lomba kamu berdoa biar mobil-mobilanmu menang ya?” Anak itu menjawab, “Tidak. Saya berdoa kepada Tuhan, supaya kalau saya kalah saya tidak menangis”.

Menghadapi kekalahan, musibah, atau masalah yang terjadi dalam kehidupan memang tidak mudah. Tidak heran kalau kemudian banyak yang tidak bias menerima kekalahan, kemudian merasa malu, marah, kecewa, dan kesal, setelah itu menangis bahkan mendendam. Tidak sedikit pula malah membuat dan memunculkan masalah baru.

“Siapa yang tidak pernah kalah?” Anggapan yang sering terjadi adalah ketika kita membandingkan diri kita dengan orang lain disekitar. Jika Anda masih berpikir seperti itu, pertanyaan selanjutnya adalah,  “Apa ukuran suatu kekalahan?”, apakah jika sesama kita mampu melebihi kita? Apakah ketika kita tidak mampu menjadi nomor satu?, Semua itu ada dan berakhir pada diri kita sendiri. Menang dan kalah adalah ukuran atas pribadi kita. Jadi kalahkan diri kita dahulu sebelum melihat keluar.

Lalu bagaimana caranya agar kita tidak tengelam kekalahan. Terimalah kekalahan sebagai bagian dari kehidupan. Hidup seperti roda yang berputar, ada saatnya kita dibawah dan ada saatnya kita diatas. Kekalahan adalah obat mujarab bagi pemula yang ingin belajar untuk rendah hati. Ambil hikmah dari setiap hal yang terjadi dalam hidup kita, karena ketika kita gagal Tuhan telah menyiapkan hal yang lebih baik untuk kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s