Lagu ,Semangat Hidup Mereka

(23/3) Terbenam dalam kemacetan Jakarta, tidak banyak yang bisa dilakukan. Hiruk pikuk di sebuah bis kota sepertinya lebih dari cukup untuk menggambarkan bagaimana suasana saat itu. Saya dan beberapa kawan duduk dalam satu baris sebuah Bus Patas jurusan Senen. Ya sebuah bus yang menjadi surga bagi pengamen dan penjaja makanan. Sekitar 30 menit, bus yang saya tumpangi hanya berpindah tidak lebih dari 500 m, rasa bosan mulai saya rasakan, mungkin penumpang yang lain juga merasakan hal yang sama.

Tiba-tiba dua orang tua memasuki bus kami, dan bernyanyi. Mereka adalah suami istri, dengan rambut yang mulai memutih, sederhana, dan apa adanya, sosok Iwan Fals jelas tergambar dalam pikiran saya, itulah impresi awal saya kepada mereka. Sebuah lagu era 80’an mengalir indah diiringi petikan gitar bapak tua tersebut, sementara sang istri menyanyi dengan suara alto nya, cukup menghibur disaat suasana macet. Dalam benak saya, untuk orang tua seumuran mereka seharusnya hidup dengan tenang menikmati masa tua, dengan cucu dan anak-anaknya, bukan malah mengamen mengais pundi-pundi rupiah dibawah terik matahari. Ya tapi itulah hidup, dan semuanya bisa terjadi.

Lagu kedua, sebuah lagu berbahasa inggris,”until we meet again” mereka nyanyikan dengan fasih, pelafalannya sangat baik. Disinilah kekaguman saya memuncak. “Mereka bukan orang sembarangan”. Layaknya seorang suami dan istri, romantisme mereka begitu kental terasa. Lirik demi lirik mereka nyanyikan bersama, hingga lagu itu berakhir, para penumpang (termasuk saya) merasa terhipnotis dengan penampilan mereka. Pelajaran hidup yang saya dapatkan rasanya jauh lebih berharga daripada selembar keikhlasan yang saya dan penumpang lainnya berikan, untuk semangat mereka.

Satu pelajaran yang dapat saya ambil adalah, selalu bersyukur dengan keadaan kita saat ini, dan berbagilah untuk sesama, karena itu menjadikan kita manusia seutuhnya. Hari ini saya belajar dari sepasang suami istri pengamen, “Lagu adalah semangat hidup mereka” Terimakasih pak, bu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s