Cinta Monyet

Seperti layaknya remaja pada umumnya, cinta monyet adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam siklus kehidupan. Entah bagaimana asal muasalnya disebut cinta monyet, yang jelas cinta monyet adalah suatu proses dalam pembentukan karakter individu. Pada tulisan kali ini saya akan bercerita sedikit tentang cinta monyet berdasarkan pengalaman (diri sendiri dan orang lain) yang telah beberapa orang alami.

Ketertarikan kepada lawan jenis diawali dengan masa pubertas pada remaja. Pada masa terdapat perubahan dalam kondisi psikologis maupun fisik pada diri remaja. Secara psikologi para remaja cenderung memiliki emosi yang labil dan rasa ingin tahu yang besar. Sedangkan secara fisik, terjadi perubahan fungsi seksual pada beberapa organ tubuh.

Cinta monyet pada umumnya berlangsung dalam waktu yang relative singkat, meskipun ada juga yang berlanjut ke hubungan yang lebih serius (mungkin namanya cinta gorilla kali ya?). Ketertarikan seseorang akan lawan jenis dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah karena ketertarikan fisik (misalnya karena kecantikan, ketampanan, dll), ketertarikan psikologis (adanya rasa ingin diperhatikan, kebutuhan untuk saling mengenal satu sama lain, dll), atau karena pengaruh perilaku kelompok (misalnya saja adanya kelompok-kelompok pergaulan pada masa remaja)

Lalu apakah Cinta Monyet itu baik? Hal ini dikembalikan kepada pribadi masing-masing. Namun pada intinya, cinta monyet merupakan serangkaian proses dalam mengenal karakter orang lain, memahami karakter diri sediri, serta mengasah kemampuan mengendalikan emosi dan kemampuan bergaul/ bersosialisasi. Hal ini seharusnya disiasati oleh para orang tua, untuk turut serta membina pengembangan karakter anak. Dalam masa-masa ini posisi orang tua seharusnya sejajar, layaknya seorang sahabat yang lugas diajak bertukar pikiran, berbagi, sehingga menciptakan pribadi anak yang terbuka sehingga akan berdampak positif pada perkembangan mereka. Sekian dulu ya sharing tentang cinta monyet. Bagaimana dengan pengalaman cinta monyet anda? Mari berbagi.

Salam

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s