Kreatifitas, Siapa Takut ??

Dalam hidup ada kalanya kita merasakan saat-saat jenuh akan rutinitas keseharian. Ya.., biasa saja, hal tersebut dapat disebabkan karena terlalu monotonnya kegiatan kita atau volume kegiatan yang kita lakukan terlalu besar. Jenuh bisa saja berawal pada kebosanan yang memuncak dan berujung pada menurunnya produktifitas. Lalu bagaimana cara kita menyiasati kejenuhan tersebut?

Sederhana saja, “Mari Berkreatifitas”. Kreatifitas akan membawa kita menemukan hal-hal yang baru dalam hidup kita dan mengubah cara pandang akan suatu hal. Ide kreatif sebenarnya bisa datang kapan saja. Tidak perlu menunggu hingga jam pulang kantor tiba atau saat anda duduk sendiri menunggu dalam hening dan sunyi. Ide kreatif terkadang datang dari hal-hal yang sepele atau remeh, dan tidak banyak orang yang menyadarinya. Berikut adalah tips mendapatkan ide kreatif:

Travelling Cobalah pergi ke suatu tempat yang baru bagi anda, dan amati segala hal yang terjadi disana. Mulailah beradaptasi dengan lingkungan tersebut, seolah anda telah biasa anda kunjungi. Ya misalnya saja anda ingin menemukan sebuah ide kreatif dalam berbusana, cobalah pergi ke pusat keramaian, atau ke coffee shop diujung jalan dengan menikmati secangkir capucino, dan rileks, nikmati Susana saat itu.

Talking Kadang-kadang ide kreatif tercipta melalui obrolan ringan dengan kerabat, keluarga, bahkan orang yang baru kenal sekalipun. Pada intinya terjadi pertukaran informasi antara kita dan lawan bicara, yang menimbulkan sebuah ide kreatif.

Reading & Writing Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa membaca dan menulis membuka jendela dunia. Memang benar kecendrungan membaca akan meningkatkan pertukaran arus informasi melalui media yang ada. Lalu Bagaimana dengan menulis? Menulis merupakan bentuk visualisasi nyata dari pemikiran seseorang. Bukan hal yang mustahil jika anda terinspirasi setelah membaca sebuah tulisan milik orang lain. Karen aide kreatif bukan sepenuhnya ide yang baru, namun dapat merupakan bentuk lain dari kumpulan ide-ide orang lain yang telah pernah mereka sampaikan sebelumnya.

Imagination Dari semua tips ini, mungkin hal inilah yang paling unik dan sering dilakukan (penulis). Rajinlah mengasah kemampuan berimajinasi dan berkhayal. Imajinasi sering dikonotasikan pada pikiran yang bebas dan terbang entah kemana. Tapi taukah anda bahwa Imajinasi akan memberikan gambaran yang utuh dikepala kita akan suatu hal, dan menjadi semacam sugesti dan mengarahkan segala kondisi, kejadian, dan hal lain untuk mewujudkannya menjadi nyata. Menurut Rhonda Byrne, penulis kondang The Secret dan The Power, “imajinasi pikiran akan mengarahkan semesta untuk mewujudkan semua hal yang kita pikirkan” Luar biasa bukan?

So, Masih sulitkah anda menemukan ide kreatif? atau justru anda telah siap berkreasi? Mari berkreasi kawan!

Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s