Perayaan Puncak Hari Oeang Nasional Ke 66

21 Oktober 2012, Matahari pagi mulai menyambut setiap pojok Jakarta, Biru muda sangat indah dilangit sana, hari itu adalah puncak perayaan Hari Oeang Nasional ke 66, yang kabarnya akan langsung dibuka oleh Menteri Keuangan RI, Bp Agus Martowardoyo. Pagi itu adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan, karena banyak sekali event lomba yang akan diadakan seperti tarik tambang, dan yang paling ditunggu-tunggu Parade Gerak Jalan Indah, selain acara family gathering yang melibatkan hampir ribuan peserta.

Saya dan beberapa teman memacu kendaraan menuju Lapangan Utama Kantor Pusat Bea dan Cukai, di wilayah Rawamangun, Jakarta Timur. Jam tepat menunjukan pukul 07.00, deretan kostum yang didominasi warna putih memadati Lapangan, rupanya ada kegiatan senam pagi bersama di Lapangan. Anak-anak dari keluarga pegawai keuangan pun tak kalah serunya, mereka disediakan wahana bermain yang tak kalah seru. Ada sejenis wall climbing yang dibuat cukup unik dan safety untuk usia mereka. “Wah, ternyata ini Keluarga Besar Kementerian Keuangan”, gumam saya dalam hati.

Menteri Keuangan, WamenKeu, Eselon I berfoto bersama pada puncak perayaan Hari Oeang Nasional ke 66

Dalam sambutannya, “Pak Agus Marto” menyampaikan apresiasi beliau atas kerja keras seluruh pegawai di jajaran Kemenkeu, dan kembali mengajak untuk meningkatkan kinerja pelayanan public di masa mendatang. Suasana riuh karena lomba tarik tambang mulai di gelar di lapangan utama. Bapak-bapak dengan size “big” mulai masuk lapangan, guratan otot mereka mulai terlihat jelas saat tari tambang dibentangkan, suara sorak-sorak suporterpun membakar semangat para peserta, masing-masing eselon I mulai menampilkan kekuatan mereka. Seperti sudah diprediksi sebelumnya, akhirnya Tim tarik tambang eselon I Direktorat Jenderal Bea Cukai, keluar sebagai Juara I, Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai Juara II, Setjen sebagai Juara III.

Terik mulai menjalar ke pori-pori kulit saya, tak ayal kulit lengan dan wajah mulai memerah, semerah semangat saya untuk menyaksikan parade selanjutnya, Lomba Gerak Jalan Indah ! Salah satu lomba yang paling bergengsi di jajaran Eselon I Kemenkeu, apalagi parade ini di saksikan langsung oleh Menteri Keuangan dan jajaran eselon di masing-masing Direktorat Jenderal. Instansi kami, DJKN, sangat antusias mempersiapkan gerak jalan indah ini. Peserta sebagian besar adalah kawan-kawan saya, mereka dilatih kurang lebih selama seminggu oleh pelatih dari paspampres dan pelatih cheers. Secara personal, Saya kagum oleh dedikasi mereka, begitu semangat membela unit mereka untuk mencapai suatu tujuan, juara !.

Tim Gerak Jalan Indah 2012 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

Balutan seragam ala pasukan maroko berlatar biru tua, dengan bawahan kombinasi kain prada Bali berwarna hijau terlihat sangat “waw”, jika dibandingkan dengan tim lain. Hingga tibalah waktunya “show on”, berbagai gerakan variasi mulai ditampilkan selain gerakan dasar baris berbaris, sehingga riuh penonton pun membahan seiring dengan semangat tim DJKN yang patut diacungi jempol. Dirjen KN, Bp. Hadiyanto terlihat gembira setelah selesai parade, Menteri Keuangan mengapresiasi positif tampilan tim GJI DJKN. Tim lain pun tak kalah saing, DJBC, DJP, Itjen, serta eselon 1 lainnya menampilkan tim terbaik mereka.

Tim Gerak Jalan Indah DJKN bersama Dirjen KN dan jajarannya

Hingga tibalah saat yang dinantikan, pengumuman pemenang Lomba Gerak Jalan Indah, DJBC (Bea Cukai) sebagai Juara 1, DJKN sebagai Juara II, dan DJP (Pajak) sebagai Juara Ke III. Semua begitu senang, terlihat dari gerakan gangnam style yang dilakukan setelah pengumuman di bacakan, guyuran air tak menyurutkan suka cita siang itu. Inilah kemenangan kami semua, Kemenangan kami bersama. Mengutip kata seorang sahabat usai acara tersebut, “Ada harga untuk sebuah usaha dan pencapaian”, Selamat Ulang Tahun Kementerian Keuangan ! Semangat Kesempurnaan !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s